Tips Menghilangkan Serangan Tungau dan Debu di kamar anda

February 7, 2019

Alergi tungau debu adalah reaksi alergi terhadap serangga kecil yang umumnya hidup dalam debu rumah. Tanda-tanda alergi tungau debu umumnya seperti gejala rhinitis alergi, seperti bersin dan pilek. Banyak orang dengan alergi tungau debu juga mengalami tanda-tanda asma, seperti mengi dan kesulitan bernapas.

Tungau debu, kerabat dekat kutu dan laba-laba, terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop. Tungau debu memakan sel-sel kulit yang diluruhkan oleh manusia dan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab. Di sebagian besar rumah, barang-barang seperti tempat tidur, furnitur berlapis dan karpet memberikan lingkungan yang ideal bagi tungau debu

Menghindari paparan tungau debu adalah strategi terbaik untuk mengendalikan alergi tungau debu. Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkan tungau debu dari rumah Anda, Anda dapat secara signifikan mengurangi jumlahnya. Begini caranya:

  • Gunakan bed cover anti alergi. Simpan kasur dan bantal Anda di bawah cover anti debu atau pemblokir alergen. Bed cover ini terbuat dari kain tenun yang rapat, mencegah tungau debu untuk berkolonisasi di kasur atau bantal. Bungkus dipan dengan cover anti alergi.
  • Cuci perlengkapan tidur setiap minggu. Cuci semua seprei, selimut, sarung bantal, dan bedcover dalam air panas setidaknya 130 F (54,4 C) untuk membunuh tungau debu dan menghilangkan alergen. Jika tidak dapat dicuci dengan air panas, masukkan ke dalam pengering selama setidaknya 15 menit pada suhu di atas 130 F (54,4 C) untuk membunuh tungau. Lalu cuci dan keringkan untuk menghilangkan alergen. Membekukan perlengkapan tidur yang tidak dapat dicuci selama 24 jam juga dapat membunuh tungau debu, tetapi ini tidak akan menghilangkan alergen.
  • Jaga kelembaban tetap rendah. Pertahankan kelembaban relatif di bawah 50 persen di rumah Anda. Dehumidifier atau AC dapat membantu menjaga kelembaban tetap rendah, dan hygrometer (tersedia di toko perangkat keras) dapat mengukur tingkat kelembaban
  • Pilih perlengkapan tidur dengan bijak. Hindari bedcover yang menjebak debu dengan mudah dan seringkali sulit dibersihkan..
  • Beli boneka yang bisa dicuci. Sering-seringlah mencuci dengan air panas dan keringkan sampai bersih. Juga, jauhkan boneka dari tempat tidur.
  • Bersihkan debu. Untuk membersihkan debu, gunakan pel atau lap basah atau berminyak daripada bahan yang kering. Ini mencegah debu naik ke Udara (airborne) dan bermukim kembali.
  • Vakum secara teratur. Memang, memvakum debu karpet dan furnitur berlapis dapat menghilangkan lapisan debu, tetapi tidak efektif menghilangkan sebagian besar tungau debu dan alergen tungau debu. Gunakan penyedot debu dengan kantong mikrofilter berlapis ganda atau filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) untuk membantu mengurangi emisi debu rumah dari pembersih. Jika alergi Anda parah, tinggal di luar area yang sedang disedot sementara orang lain melakukan pekerjaan. Tunggu sekitar dua jam sebelum kembali ke ruangan yang telah divakum.
  • Hindari tumpukan benda-benda yang berantakan. Selain mengumpulkan debu, tumpukan benda-benda yang berantakan juga mengumpulkan tungau debu. Pindahkan pernak-pernik, hiasan meja, buku, majalah dan koran dari kamar tidur Anda.
  • Hapus karpet dan habitat tungau debu lainnya. Karpet menyediakan habitat yang nyaman bagi tungau debu. Terutama ketika karpet terlalu tebal sehingga menahan kelembaban dengan mudah dan menyediakan lingkungan lembab untuk tungau. Jika mungkin, ganti lantai full karpet dengan lantai keramik, kayu, linoleum, atau vinil. Pertimbangkan untuk mengganti perabotan pengumpul debu lainnya di kamar tidur, seperti furnitur berlapis kain, gorden yang tidak dapat dicuci dan tirai horizontal.
  • Pasang filter media efisiensi tinggi di tungku dan unit pendingin udara Anda. Cari filter dengan Nilai Pelaporan Efisiensi Minimum (MERV) 11 atau 12 dan biarkan kipas menyala untuk membuat filter udara seisi rumah. Pastikan untuk mengganti filter setiap tiga bulan.

Leave A Comment